Pandemi, Ekspor Ikan Asal Bintan Tembus 11 Ton Ke Singapura

Ekspor perdana gurita ini, lanjut Arief, semakin menambah daftar negara tujuan dan jenis produk perikanan yang telah diekspor Perinus. Didi melanjutkan, pasar ekspor Vietnam merupakan negara tujuan ekspor baru untuk ikan tuna sirip kuning dan pasar tersebut diperoleh melalui platform niaga elektronik madeinindonesia.com. Sementara itu, Kemal menyampaikan, kesuksesan ekspor ikan tuna sirip kuning yang dilakukan PT Harta Lautan Indonesia ke Vietnam ini diperoleh melaluipromosi dan fasilitasi denganplatform madeinindonesia.com.

Selain ekspor ikan, ekspor produk perikanan juga tak luput digiatkan Bea Cukai. Terbukti dengan pelepasan ekspor kepiting hidup milik CV Tiga A dengan negara tujuan China oleh Bea Cukai Banjarmasin pada tanggal 5 Maret 2021. Kepiting hidup sebanyak ninety three koli dengan berat complete hampir tiga ton tersebut diekspor lewat jalur udara dengan transit di Jakarta. “Ekspor komoditas perikanan di Kalimantan Selatan memang memiliki potensi yang cukup besar. Seluruh Komoditi yang diperoleh merupakan hasil perikanan di Kalimantan Selatan yang dikumpulkan oleh CV.

Jumlah tersebut ternyata meningkat pada tahun 2021 menjadi 37 kasus hingga 9 Agustus 2021. “Forum ini menjadi ajang pertukaran informasi tentang sistem jaminan kesehatan ikan dalam rangka pemenuhan persyaratan ekspor komoditas perikanan ke Timur Tengah,” tutupnya. Hanya saja, ekspor Indonesia ke Timur Tengah masih kalah jauh dibandingkan Thailand yang menguasai 71% pasar impor Timur Tengah untuk produk TTC . Merujuk data International Trade Center , selama periode 2017 – 2019, permintaan rata-rata produk perikanan dari negara-negara Timur Tengah tumbuh sebesar four,3% per tahun.

Ekspor Ikan

Akibat persoalan pengangkutan itu, sekitar 400 ton ikan kerapu hidup belum bisa diekspor. “Iya, ekspor ikan hidup perlu dioptimalkan. Dengan catatan ikan tersebut adalah hasil budi daya yang baik dan benar, bukan dari hasil tangkapan di alam apalagi dengan menggunakan bius,” kata Ketua Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia Moh Abdi Suhufan, kemarin. Namun, dengan catatan ikan tersebut merupakan hasil dari budi daya bukan hasil tangkapan di alam.

Sementara itu, nelayan di Kabupaten Cilacap masih banyak yang belum memiliki Kartu Tanda Anggota . “Ekspor ikan tuna sirip kuning ini terjadi berkat jejaring yang dimiliki oleh madeinindonesia.com sebagai companion dari IKM PT Harta Lautan Indonesia. Melalui platform tersebut, IKM PT Harta Lautan Indonesia mendapatkan purchaser dari Vietnam,” ujar dia. Menurutnya, kegiatan pelepasan ekspor ini merupakan bukti nyata keberhasilan produk perikanan Indonesia berkontribusi terhadap penguatan perekonomian nasional. “Alhamdulillah ekspor ikan kita masih jalan, walaupun masih ada buka-tutup dan tidak menerima barang dari luar,” sebutnya ditemui kemarin (28/9).

Tak hanya diminati dalam bentuk segar, ikan cakalang juga banyak dicari dalam bentuk olahannya. Ikan yang populer di wilayah timur Indonesia ini sangat menjanjikan di pasar ekspor dunia. Ikan yang di luar dikenal dengan nama skipjack tuna ini nilai ekspornya bisa mencapai 200 juta USD per tahuan. Amin mengingatkan bahwa Indonesia belum mampu berbuat banyak dalam memanfaatkan sumber daya perikanan di wilayah zona ekonomi eksklusif Indonesia karena minimnya kapal-kapal bertonase besar, yaitu kapal di atas one hundred fifty tonase kotor (Gross Tonnage/GT).

Kita di Bea Cukai punya fasilitas untuk mendukung ekspor, dan dengan sepenuh hati serta sekuat tenaga kami siap bekerja untuk kemajuan Ternate,” ujarnya. Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Ternate Shinta Dewi Arini mengatakan, di tengah perekonomian Indonesia yang menyusut karena pandemi, ekspor yellowfin tuna beku perdana itu menjadi tantangan tersendiri. Semua pihak dituntut bergerak serentak di tengah pembatasan mobilitas, guna memastikan bahwa produk yang akan dikapalkan itu authorized, teregister, berkualitas, tepat jumlah, dan tepat waktu di pelabuhan. Ia mengatakan kalau produksi dari one hundred ribu ton itu bisa diproduksi dan dilakukan oleh masyarakat maka ini akan betul-betul meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kemiskinan harus nol di wilayah-wilayah ini. Kami bangga karena dengan ekspor ini ikan dari Kepri bisa mendunia,” terang Arif.