Four Tips Membuat Inovasi Pada Bisnis Anda

Dalam penjelasan ekosistem yang lebih luas, inovasi sosial itu melibatkan investor sosial , inovator sosial , inovasi sosial, serta penerima manfaat. Mereka yang berinvestasi—baik itu pemerintah, perusahaan, atau lembaga dan individu filantropi—juga berhak atas keuntungan dari inovasi sosial tersebut, yang bisa berupa keuntungan finansial, operasional, dan reputasional. Tetapi, para investor itu baru bisa menerima keuntungan reputasional, operasional, atau finansial setelah inovasi itu benar-benar menunjukkan manfaat buat masyarakat sasaran. Ketika delapan tahun lalu merumuskan inovasi sosial yang dilakukan oleh perusahaan, Jason Saul mengusulkan hal yang sangat penting untuk dipegang erat. Inovasi itu perlu didesain untuk menguntungkan penerima manfaat serta inovatornya.

Salah satu usaha terrarium yang sudah terkenal adalah Jakarta Terrarium. Hal tersebut dilakukan agar produk dapat sampai ke pembeli-pembeli di lokasi yang jauh tanpa ada kerusakan. Tidak hanya untuk memasarkan jasa Anda, tetapi juga untuk mencari companion bisnis. Jika ada teman atau saudara yang menjalankan bisnis serupa, yakinkan orang tersebut untuk merekrut Anda.

Hal yang terpenting dalam melakukan usaha tersebut adalah kesabaran, dan juga memusatkan tenaga serta pikiran untuk terus berusaha mengembangkan usaha. Hal ini tentunya akan membutuhkan waktu yang lama dan tenaga yang tidak sedikit. Semakin keras dan cerdas dalam berusaha, akan semakin baik dan cepat pula hasilnya.

Jauh lebih mudah untuk berinovasi jika Anda memiliki orang yang tahu cara melakukan hal-hal baru daripada terus-menerus mencampur cara-cara lama. Melansir techrepublic, Tom Merritt, Independent Tech Podcaster, menyebut ada lima penghalang utama dalam melakukan inovasi dan cara mengatasinya. Dengan mengetahui hambatan dan cara untuk mengatasinya diharapkan akan membuat pemimpin perusahaan lebih mudah untuk memperhitungkannya dan membuat rencana untuk berinovasi. Konsep pembelajaran kreatif pada suatu lembaga pendidikan akan dapat diimplementasikan jika mendapat dukungan dari pimpinan atau kepala sekolah.

membuat sebuah inovasi baru

Dan yang tak kalah penting, Anda harus merangkul para pengikut media sosial Anda. Selain agar kinerja pembuatan konten Anda lebih terorganisir, audiens juga akan lebih tertarik untuk mengikuti media sosial Anda. Langkah kedua untuk menjadi seorang influencer media sosial adalah rajin membuat konten untuk akun Anda. Di samping itu, Anda juga perlu memperhatikan jenis-jenis konten yang terdapat pada media sosial milik para kompetitor sang klien. Ditambah lagi, cara ini juga digunakan untuk melihat potensi konsep baru yang dapat diaplikasikan pada media sosial klien.