Ekonomi Internasional

Peraturan kegiatan ekspor impor terbilang sangat ketat sehingga Anda harus memahami dan memastikan banyak hal sebelum akhirnya melakukan kegiatan ini, baik untuk keperluan pribadi ataupun untuk usaha Anda. Pemahaman tentang barang yang akan diekspor penting karena akan terkait dengan PEB, barang larangan dan pembatasan dan pengenaan bea keluar. Dengan memahami barang dengan baik, eksportir dapat memenuhi kewajibannya menyampaikan PEB dengan benar terkait jenis dan jumlah barang. Ketentuan larangan dan pembatasan juga harus dipahami, sehingga dapat diketahui apakah termasuk dalam barang yang dilarang ekspor, dibatasi ekspor atau bebas ekspor.

Contohnya angkutan udara langsung Singapura – Jakarta biasanya akan lebih mahal daripada Singapura – Pangkal Pinang – Jakarta. Dalam hal ini, jika Anda tidak membutuhkan barang-barang Anda tiba secepat mungkin, maka mengapa Anda membayar layanan lebih mahal padahal ada layanan lambat yang lebih menguntungkan. Begitu juga sebaliknya, Anda dapat memilih rute langsung dengan pengiriman cepat dengan biaya yang lebih mahal, sebab dari pada terlalu lama menyimpan uang pada barang, padahal barang tersebut benar-benar harus berada di lokasi pada tanggal tertentu. Jika Anda belum memahami cara melakukan impor barang dari luar negeri berikut ini kami sampaikan langkah langkah yang harus Anda laksanakan. Dengan analisa pasar Anda bisa mengurangi risiko yang terjadi mulai dari kegagalan produk hingga risiko gagal bisnis. Analisis pasar ini menjadi hal penting yang harus diketahui oleh setiap orang dan juga menjadi dasar dan pondasi yang berkaitan dengan strategi pemasaran selanjutnya.

Maka dari itu, sebelum Anda memulai usaha ekspor impor Anda, ada baiknya telusuri terlebih dahulu batas apa saja yang perlu diketahui. Nah, kini sahabat EOSHI sudah mengetahui banyak mengenai sistem ekspor impor. Bahwa betapa pentingnya perusahaan untuk mengoptimalkan perdagangan dengan sistem ekspor impor tersebut. Dan ini pun menjadi salah satu anjuran dari pemerintah khususnya presiden Joko Widodo untuk meningkatkan sistem ekspor sebanyak-banyaknya, untuk mendongkrak kestabilan nilai rupiah dengan dolar.

Untuk kegiatan impor, metode pembayaran dan penjelasan tentang HS Code sama dengan kegiatan ekspor. Sedangkan API/P hanya dapat mengimpor barang modal dan bahan baku/penolong untuk keperluan proses produksinya sendiri sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Menurut Yudhis, agar biaya tidak membengkak ketika menggunakan jasa undername, maka eksportir harus memperhitungkan semuanya pada saat awal. Misalnya dengan menghitung komponen biaya yang untuk menentukan harga jual produk, dengan menetapkan minimal order dan menetapkan Incoterms yang akan digunakan sebagai acuan harga pada bisnis ekspor (FOB/CIF/CFR).

Hal yang perlu diketahui sebelum melakukan kegiatan ekspor

Fungsi bea cukai selanjutnya adalah untuk membatasi, mengawasi dan atau mengendalikan produksi barang yang tentunya memiliki dampak negatif baik itu merugikan masyarakat atau lingkungan. Mengingat ketatnya aturan impor dan ekspor di Indonesia, maka pastikan Anda sudah memahami semua ketentuan yang berlaku jika ingin melakukan bisnis ekspor di Indonesia, serta tidak sembarangan melanggarnya. Pada prinsipnya, setiap negara punya aturan masing-masing dan sebagai pebisnis harus siap menghadapi hal itu dengan penuh tanggung jawab. PEB beserta beberapa dokumen yang menyertainya, antara lain bill, packing record, dan dokumen dari instansi teknis terkait, diperlukan untuk mendapatkan persetujuan ekspor akhir. PEB harus disampaikan paling lambat tujuh hari sebelum jadwal ekspor atau paling lambat pada saat barang masuk ke dalam daerah pabean. Selain itu, mengatur pula hal-hal yang berkaitan dengan kepada eksportir terdaftar, badan teknis terkait, serta berbagai prosedur dan dokumen yang diperlukan.

Lebih lanjut Ganjar juga meminta setiap daerah tegas mengambil tindakan jika ada sekolah yang menggelar PTM tanpa ada izin. Bahkan ia ingin masing- masing pemèrintah daerah tidak segan- segan untuk membubarkan PTM jika belum izin. Hanung mengatakan, pada saat ini Tim Satgas Covid-19 Purbalingga sedang melakukan tindakan respons cepat untuk menangani kejadian tersebut. Respons cepat mulai menyediakan isolasi terpusat, melakukan penyemprotan disinfektan di gedung sekolah, melakukan koordinasi lintas sektor, menyiapkan tes PCR hingga menyiapkan langkah pelacakan jika hasil tes PCR terkonfirmasi positif.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *