9 Langkah Untuk Mengembangkan Bisnis

Hampir seluruh aplikasi jual beli on-line memberikan layanan pengiklanan untuk para pemilik bisnis online. Dengan mengeluarkan sedikit modal untuk mengaktifkan mode iklan, penjual dapat dengan sabar menunggu pembeli setia dan pembeli baru untuk melakukan transaksi. Mendengar ini, menjalankan bisnis on-line terdengar mudah, bukan? Namun, tidak sedikit yang memiliki banyak ide untuk memulai bisnis dan berujung tidak memulai dengan berbagai pertimbangan.

Kalau memang sudah lama memiliki hobi fotografi, tentu tidak memerlukan modal tambahan lagi selain kamera yang sudah kita punya, bukan? Untuk sekali menawarkan jasa, kita bisa meraih keuntungan Rp3 juta – Rp5 juta untuk setiap acara seperti pernikahan, lho. Saat ini, sudah banyak perusahaan atau perorangan yang membutuhkan jasa penerjemah baik dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa asing maupun sebaliknya. Umumnya jasa yang dibutuhkan berbentuk penerjemahan dokumen dan takarir untuk movie. Dengan menggeluti bisnis ini, kita bisa saja mendapatkan keuntungan bersih Rp50 ribu – Rp300 ribu untuk setiap barang yang berhasil kita jual tergantung kepada kualitas dan kuantitas.

Membuat bisnis baru

Jangan gunakan inovasi yang Anda sendiri tidak yakin bisa dijual, tapi buat perencanaan lebih dulu. Kunci keberhasilan pertumbuhan bisnis dan menghindari kegagalannya adalah perencanaan yang strategis. Anda sangat yakin kalau produk Anda akan menguasai dunia, lalu Anda berinvestasi sangat banyak tapi kemudian bisnis Anda tidak bergerak. Identitas brand, termasuk emblem, tagline, warna, dan semua estetika yang tampak serta filosofi bisnis yang mewakili perusahaan Anda harus didukung oleh nilai proposisi Anda.

Adanya konsep bisnis juga akan membantu Anda dalam menentukan apa yang seharusnya menjadi prioritas dalam bisnis Anda. Selain itu Anda juga dapat mengontrol jalannya bisnis sesuai dengan tujuan Anda. Di sini Anda bisa melakukan riset dan menyesuaikan dengan selera pasar saat ini. Ini sangat penting agar bisnis Anda lebih mudah untuk dikembangkan.

Keberhasilan usaha tidak akan diperoleh tanpa adanya action atau tindakan untuk memulai usaha. Dengan memulai usaha, maka Anda akan mengetahui apakah usaha yang dilakukan kelak akan berkembang dan sukses ke depannya atau tidak. Kepiawaian Anda untuk dapat bersaing dengan pengusaha lainnya akan diuji saat Anda melakukan motion ini. Jika dapat bersaing, maka Anda sudah dekat dengan gerbang kesuksesan dalam berusaha. Apalagi bagi bisnis yang baru mulai dirintis, di mana risiko masalah yang akan dihadapi baru berupa proyeksi. Dalam menyusun perencanaan pengeluaran bisnis, pelaku usaha akan dituntut untuk menghitung potensi terjadinya risiko bisnis ini.

Leave a comment

Your email address will not be published.